Langkah Memulai Usaha Membuka Warung Kopi

Langkah Memulai Usaha Membuka Warung Kopi
Warung Kopi atau biasa masyarakat menyebutnya Warkop adalah suatu tempat di mana seseorang menjual makanan dan minuman. suatu tempat di mana masyarakat dapat bersantai menikmati secangkir kopi dan makanan makanan ringan lainnya seperti gorengan, snack dan lain lain. harga dari apa yang dijual pun relatif murah. mayoritas pengusaha warkop terbesar berada di daerah jawa timur seperti surabaya & sidoarjo. saya sendiri pun membuka usaha Warkop di daerah sidoarjo sudah berlangsung cukup lama yaitu kira kira setahun yang lalu hingga sekarang. awalnya sayapun hanya sebagai pegawai dari orang yang membuka usaha ini. lama kelamaan pun saya mulai tertarik dan mencoba untuk membuka sendiri. hanya bermodalkan gaji saya yang tak kurang dari 1 jt. saya sudah bisa membuka usaha ini. tapi itu hanya sebatas bahan bahan yang ingin dijual saja, tidak termasuk dengan alat alat dan perlengkapan lainnya.

Tahukah anda? bahwa warkop adalah usaha kecil yang bermodalkan sedikit namun beromset jutaan? menurut pengalaman pribadi saya, awal mula membuka usaha ini memang sangatlah sulit, mengapa maka demikian? perlu anda ketahui, setiap seseorang yang baru berdagang akan sangat sulit mendapatkan pelanggan. ini lah tantangan yang saya rasakan saat 1-2 bln menjalani usaha ini. tapi sayapun tidak lekas menyerah dan terus mencoba. jika anda ingin mencoba atau berniat membuka usaha Warkop, saya akan menjelaskan tips tips yang mudah mudahan bisa membantu anda dalam berkarier di bidang warung kopi.

1. Tentukan Modal Anda

Untuk membuka usaha Warkop hal paling utama adalah modal, ya jelas dong.. siapapun yang ingin memulai usaha pasti harus dengan modal. hehe.. Tentukan modal anda sendiri, tafsir lah menurut anda berapa kira kira yang anda butuhkan dalam membuka usaha ini. di mulai dengan berapa harga perlengkapan dan alat alat yang dibutuhkan untuk memulai usaha warkop seperti, kompor,gelas,sendok,piring dan juga bahan bahan apa saja yang ingin anda jual seperti kopi dan minuman minuman jenis lainnya. semakin besar modal yang anda keluarkan semakin besar pula bahan bahan yang akan anda jual. saya membuka usaha ini hanya bermodalkan 700ribu. kok sedikit sekali? seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi bahwa apa yang saya belanjakan untuk membuka usaha ini hanya sebagian saja dan itupun hanya bahan bahan apa yang akan saya jual. tidak termasuk peralatan peralatan nya. jika anda memulai usaha ini dari 0, maka sudah barang tentu anda akan mengeluarkan modal yang tidak sedikit. seperti menyewa tempat (lebih bagus kalau tempat adalah kepunyaan anda sendiri), membeli peralatan peralatan seperti gelas, kompor, sendok dll. membeli bahan bahan untuk dijual seperti kopi & makanan makanan ringan lainnya, membayar gaji karyawan anda.

2. Survei Warkop Lain

Ini adalah cara ampuh agar anda yang belum mengerti bagaimana cara memulai usaha warkop. cobalah untuk berkunjung ke warkop lain sebelum anda memulai usaha ini. lihatlah bagaimana pemilik warkop tersebut mengelolanya, cara menyajikannya, tempat di mana alat alatnya, konsep warungnya, fasilitas warungnya, dan bahan bahan apa saja yang di jual oleh pemilik warung tersebut. jangan ragu untuk bertanya seputar usaha warkop kepada pemilik warkop yang anda survei, seperti modal membuka usaha tersebut, omsetnya, pengeluaran perhari/minggu nya, gaji untuk karyawannya sewa tempat dan lain lain.

3. Lokasi yang Strategis

Pilihlah lokasi yang menurut anda pas & paling strategis, seperti di dekat jalan utama, di dekat pabrik pabrik besar, di sekitar kampus dan di tempat tempat dimana banyak dilalui masyarakat. saya sarankan untuk membuka usaha ini didekat pabrik atau di dekat kampus. di antara dua lokasi ini akan sangat menjanjikan bahwa warkop anda akan ramai pengunjung. sebab biasanya di daerah pabrik atau kampus akan banyak pekerja pekerja pabrik atau mahasiswa mahasiswa yang mencari tempat bersantai pada saat saat jam istirahat ataupun saat jam pulang kerja.

4. Dapatkan banyak pelanggan

Setelah anda mendapatkan lokasi yang pas dan strategis, langkah selanjutnya adalah menerapkan konsep warkop anda, dalam hal ini bisa anda rancang sebelumnya. anda bisa memilih konsep warkop anda sendiri, fungsinya adalah agar menarik banyak pembeli. misalnya anda bisa memilih konsep warkop anda dengan warna yang natural, tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu gelap, atau bisa juga memilih konsep untuk anak anak muda bila anda membuka warop di sekitar area kampus, tambahkan sedikit sentuhan classic untuk warkop anda, misalnya dengan mengecat tembok dengan motif lukisan bambu, sepak bola, dan lain lain. iklankan jenis usaha anda,misalnya dengan promosi lewat internet,social media, atau juga dengan menyebarkan lembaran kertas dan membagikannya kepada teman teman anda. jangan pernah malu dan ragu dalam mempromosikan usaha anda. itulah kunci sukses dalam berkarier.

5. Tambahkan fasilitas layanan

Seperti yang kita ketahui, masyarakat saat ini mayoritas pengguna gadget, dan hampir seluruh anak anak muda menggunakan gadget jenis android, tambahkan fasilitas Free Wifi dan Tv Cable, Toilet atau juga Musik. sebab menurut pengalaman pribadi saya, hampir seluruh pengusaha warkop saat ini rata rata menambahkan fasilitas free wifi ini. pilihlah paket Wifi sesuai kebutuhan warung anda. fungsinya adalah agar pelanggan anda merasa nyaman dengan adanya fasilitas ini, meskipun anda akan menambah anggaran pengeluaran setiap bulannya, tapi ini adalah salah satu faktor terbaik dalam menarik pelanggan. usahakan menambah kualitas wifi berkecepatan 5mbps ke atas, sebab apabila hanya menggunakan Wifi kualitas 1mbps pelanggan anda akan merasa kurang nyaman dengan kualitas jaringan internet yang kecepatannya kurang dari cukup.

6. Kebersihan Warkop

Jagalah kebersihan warung anda agar pembeli merasa nyaman dan betah untuk berlama lama di warung anda, sebab berawal dari bersih lah pengunjung akan berminat mampir ke warung anda. usahakan agar warung anda selalu rapi dan bersih mulai dari kondisi warung, penataan alat alat warung, barang barang warung yang dijual, termasuk diri anda sendiri. usahakan agar anda sendiri pun selalu bersih dan rapi, jangan terlalu rapi... ntar disangka mau kondangan. hehe.. bersih rapi dan sopan.

7. Sosialisai kepada pengunjung

Rajin rajinlah lah besosialisasi kepada para pelanggan anda, masyarakat sekitar anda, dan kepada pengemis yang datang ke warung anda sekalipun. jangan anda pilih pilih dalam berbuat sopan dan santun. percuma dong anda ramah kepada pembeli tapi tidak kepada pengemis atau orang lain. ini adalah termasuk salah satu kunci menuju sukses, ramah, sopan & murah senyum. ada satu ungkapan "jika anda bukan termasuk orang yang murah senyum, jangan pernah membuka usaha dalam berdagang" pedagang manyun mulu siapa yang betah beli?? hehe.. jangan ragu untuk menanyakan kepada pelanggan anda perihal rasa minuman, makanan dan jangan berat hati untuk bertanya kekurangan kekurangan apa yang ada di warung anda saat ini. dari sinilah anda akan mendapatkan masukan masukan dari pelanggan ada agar anda semakin tahu dan harus bagaimana dalam menutupi kekurangan tersebut.

8. Konsisten terhadap Waktu

Jika warung anda hanya membuka tidak dalam fulltime, usahakanlah agar anda selalu konsisten dalam mengatur waktu, waktu saat membuka warkop dan waktu tutup warkop. meskipun usaha ini adalah sepenuhnya hak milik anda dan bisa anda kelola sesuka hati. akan tetapi ada efek tersendiri apabila anda membuka usaha dengan tanpa konsisten terhadap waktu. mengapa maka demikian? sebab pelanggan akan merasa kecewa apabila pelanggan anda terbiasa dengan jam datang ke warung anda dan ternyata warung anda OFF alias tutup. dan tidak menutup kemungkinan pelanggan anda akan malas untuk datang di lain waktu. perlu anda ketahui, mencari musuh itu gampang, tapi mencari teman itu yang sulit. dalam arti susah susah anda dalam mendapatkan pelanggan, akankah semudah itu anda melepaskannya? sebisa mungkin anda harus berusaha agar dapat memberikan pelayanan terbaik terkait masalah waktu buka dan waktu tutup. namun lain halnya apabila anda hendak membuka usaha ini dalam waktu FullTime alias 24jam.

9. Pekerjakan Pegawai

Jika anda berniat untuk membuka usaha warkop anda dalam waktu 24 jam. sudah seharusnya anda merekrut pegawa untuk membantu mengelola usaha anda. carilah pegawai yang menurut anda terbaik untuk membantu anda. usahakan pegawai anda dapat dipercaya, dan tidak jauh dari warung anda. dan saya sarankan carilah pegawai wanita khususnya, sebab wanita cenderung lebih cermat dan telaten dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan makanan & minuman. dan biasanya wanita cenderung lebih menarik perhatian pengunjung, saya sendiri tidak tahu kenapa bisa seperti itu.. mungkin karena cita rasa minuman yang lebih khas atau karena faktor yang lain.

Usahakan calon pegawai anda adalah orang yang berpengalaman dalam hal berdagang, jika calon pegawai anda belum berpengalaman maka mau tidak mau anda harus men-Training calon pegawai tersebut minimal 3-5 hari. jangan langsung memperkerjakan untuk calon pegawai anda yang sama sekali belum mengerti cara cara mengelola dagangan anda. sebab bukan tidak mungkin hasil yang di berikan ke pembeli akan menjadi tidak biasa atau bahkan tidak karuan dan pasti pelanggan anda akan kabur.

10. Sabar, Jujur, Tekun dan Selalu Berdoa

Untuk pertama kali anda membuka usaha ini kendala pertama pasti warung anda tidak akan langsung ramai pembeli. ini adalah suatu kewajaran sebab apapun usaha anda pasti membutuhkan proses yang tidaklah cepat, sabar adalah kunci utama dalam berdagang, jangan mudah berputus asa meskipun anda memiliki saingan sekalipun, usahakan agar anda bersaing secara bersih dan jangan pernah berlaku kotor dalam berdagang. selalu jujurlah dalam memberikan apa yang anda berikan kepada pengunjung anda. jujur akan membawa keberkahan di dalam hidup anda. berdoalah selalu kepada Sang Pemberi Rizki, syukuri selalu apa yang setiap hari anda dapatkan meskipun sedikit sekalipun.

Demikianlah langkah memulai usaha membuka warkop yang wajib anda ketahui sebelum anda memulai usaha warkop ini. (Warung Info)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Langkah Memulai Usaha Membuka Warung Kopi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel