Promosikan Review Blog (Web) Anda Dengan Tukar Link

Promosikan Review Blog (Web) Anda Dengan Tukar Link
Bagi blogger pemula, khususnya, sebelum anda gencar mengumpulkan tukar link, ada baiknya anda mempelajari dulu keuntungan dan kekurangan mitra yang anda ajak barter, agar usaha anda tukar-menukar tidak membawa kekecewaan yang tidak sesuai harapan.

Tukar link atau Link Exchange adalah sebuah kegiatan untuk menempatkan link blog kita di blog orang lain dan begitu pula kita juga harus menempatkan link orang tersebut ke dalam blog kita. Tujuannya jelas, yaitu untuk mendapatkan backlink dan juga memperbanyak Traffic. Backlink bisa dikatakan sebagai hubungan timbal balik antara website yang satu dengan yang lain, hubungan blog/web tersebut dapat berupa satu arah yaitu orang lain memasang web/blog kita di blog atau dua arah saling memasangkan (diistilahkan saling tukar link). Saling bertukar link atau biasa disebut link exchange adalah salah satu cara menambah backlink blog kita.

1. Beberapa Manfaat Tukar Link
  1. Daftar link partner memudahkan untuk saling mengunjungi, baik anda pemilik Blog dan para pengunjung Blog anda
  2. Mempererat silaturrahim antar blogger
  3. Meningkatkan Traffic (pengunjung), tentu juga akan meningkatkan pagerank blog.
  4. Anda akan mendapat banyak anchor text dari blog lain.
  5. Mendapat back link dari banyak blog,
  6. Dan lain-lain.
2. Beberapa Tips Tukar Link Yang Bermanfaat
  1. Niat Baik. Ketika sudah berniat tukar link, tanamkan bahwa kita hendak mencari kebaikan untuk blog kita, jangan terbersit di dalam hati untuk mencari keuntungan pribadai tanpa menghiraukan mitra kita, takut kalau-kalau akan dibalas serupa. hindari menghalalkan segala cara.
  2. Jujur. Menukar dan membalas hendaklah dengan memegang prinsip kejujuran. Jangan coba-coba "mengakali", misalnya dengan mengulur-ulur orang yang sudah lama memasang link kita di blognya, apalagi sengaja tidak hendak membalas pasang, perbuatan semacam ini akan merusak reputasi blog kita.
  3. Pilih Blog yang Sehat. Maksudnya sehat di sini adalah blog yang menulis tentang hal-hal yang bermanfaat. Hindari blog porno, esek-esek, atau yang suka mencaci-maki. Agar kita tidak dihitung sebagai blogger yang turut mengkampanyekan "keburukan."
  4. Pilih Blog yang Sederajat. Ada 2 model pemasangan link mitra di kalangan blogger. Yang pertaman di dalam postingan,dan yang kedua di side bar blog. Kalau di dalam postingan, tentu link kita hanya bisa dilihat oleh pengunjung blog yang membuka artikel pemuat link saja. Tetapi kalau link kita di tanam di side bar blog, link kita akan terlihat di halaman manapun di blog mitra. Anda yang memasang link di side-bar, akan lebih setaraf jika memilih mitra yang memasangnya di side bar juga. Tetapi jika anda rela, tidak ada salahnya anda bertukar dengan yang memasangnya di dalam postingan.
  5. Tidak Memandang Ranking Mitra. Jika kita berpendapat bahwa blog yang rankingnya bagus akan memberi konstribusi lebih untuk promosi blog kita, boleh jadi benar tapi boleh jadi keliru. Blog yang sudah top biasanya deretan link mitranya sudah berjubel, belum tentu link anda terlihat mencolok. Alih-alih mendapat pengunjung dari sana, malah blog anda yang akan menjadi supplier pengunjung buat blog top mitra tersebut. Logikanya, orang kaya dan orang miskin saling membutuhkan, jadi tawakkal saja.
  6. Saling Kunjung Secara Periodik. Ini akan menjadikan pertemanan yang hangat disamping menambah keakraban sesama blogger. Tinggalkan komentar setelah kunjungan, tapi tidak perlu minta kunjungan balik, atau memuji basa-basi, teman yang pengertian akan membalas kunjungan anda.
  7. Lain-lain. Mungkin ada yang berpendapat sebaiknya tukar link dengan blog yang sejenis, misalnya sesama: blog agama, blog turorial, blog kesehatan, blog komunitas, dll. Itu sah-sah saja. Tetapi perlu juga dipertimbangkan bahwa ahli agama perlu ilmu kesehatan. Ahli tutorial blog juga perlu siraman rohani, dll., jadi tidak ada salahnya lintas bidang. Masing-masing akan membawa rizki buat anda.
3. Strategi cara tukar link untuk blog berkualitas

Jika pilihan anda dalam bertukar link menyosor blog-blog berkualitas, tentu lain lagi strateginya. Pun demikian harus memilih mana yang sesuai dengan blog kita. Melalui beberapa tahapan dan penelitian saya beberapa tahun terakhir saya dapat mengatakan bahwa semua teknik dan cara tukar link tidak dapat serta merta kita terapkan. Ada banyak hal yang harus kita pertimbangkan sebelum melakukan aktivitas tukar link ini. 

Dari beberapa kajian dan pengalaman tersebut saya mencoba berbagi dan merangkum beberapa strategi yang saya lakukan untuk dapat dipertimbangkan oleh sobat blogger semua khususnya bagi sobat pemula. Berikut ini beberapa langkah yang harus dipertimbangkan sebelum menerapkan tukar link.
  1. Kualitas. Bukan banyaknya link yang menuju ke blog kita yang penting tetapi kualitas link yang mengarah ke blog kita. jadi sebelum melakukan tukar link alangkah baiknya kita memperhatikan kualitas ini. Kualitas ini berkaitan dengan blog atau situs yang mengarah ke blog kita; semakin berkualitas blog atau situs tersebut maka semakin berkualitaslah link exchange yang kita miliki dan sebaliknya.
  2. Kuantitas. Banyaknya link masuk juga tidak serta merta bagus untuk blog kita karena kuantitas ini tidak langsung berpengaruh terhadap ranking blog kita. terlalu banyak link yang mengarah ke kita tetapi dari blog yang mempunyai page rank rendah justru dapat menurunkan popularitas blog yang berpage rank tinggi. Solusinya adalah lebih baik sediki link tetapi dari blog yang berkualitas dari pada banyak link dari blog yang tidak berkualitas dan yang lebih bagus adalah banyak link dari blog yang berkualitas.
  3. Keterkaitan. Selain kedua hal tersebut, menurut pengamatan saya keterkaitan antara blog kita dengan blog yang memasang link ke blog kita juga sangat berpengaruh terhadap blog kita. Dalam hal ini akan lebih baik jika kita bertukar link dengan blog yang memiliki keterkaitan dengan blog kita dan menghindari memasang link atau bertukar link dengan blog yang berbeda jauh isinya dengan isi blog kita. Singkat kata, dengan memasang link ke blog yang berkaitan kita telah member referensi tambahan kepada pembaca tentang topik yang sedang dibaca tersebut, tentu saja hal ini akan berpengaruh positif terhadap blog kita.
  4. Anchor teks. Anchor teks adalah teks atau kalimat yang kita gunakan untuk memasang link. Dalam memasang link pada anchor teks ini sebaiknya kita membuat anchor teks seinformatif mungkin sehingga dapat memberikan informasi tentang isi dari link yang akan dikunjungi. Kebanyakan blogger pemula terjabak dan sering menempatkan link hanya pada satu kata yang kurang informatif. Naturalitas. Naturalitas yang saya maksud disini adalah seberapa natural (alami) tukar link yang kita bangun. Semakin alami atau natural semakin bagus efeknya pada blog kita. Secara sederhana kita dapat menyatakan bahwa “mustahil sebuah blog baru mendapatkan link masuk dalam waktu yang singkat”. Salah-salah, jika kita terlalu membabi-buta dalam melakukan tukar link blog kita akan mendapat citra buruk dimata mesin pencari google.
Semoga dengan beberapa penjelasan diatas sobat blogger pemula yang ingin membangun sebuah blog berkualitas mendapatkan gambaran dan informasi bermanfaat yang dapat dipertimbangkan sebelum melakukan tukar link (link exchange). 

4. Tukar Link dengan viralbisnismu.com
  1. Disamping memegang 7 prinsip di atas, viralbisnismu.com sangat menekankan hanya bertukar link dengan blog yang menaruh link partnernya di sidebar blog, karena lebih menunjukkan kemurahan hati dan ke-ikhlasan.
  2. Pasang link web viralbisnismu.com di blog anda, kemudian kirimkan review blog Anda melalui email: viralbisnisid@gmail.com, viralbisnismu.com akan memposting review dan menyertakan link blog Anda.

Semoga bermanfaat, baik artikel ini maupun jalinan kerjasama kita.

Sumber:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Promosikan Review Blog (Web) Anda Dengan Tukar Link"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel