Manfaat Membuat Komunitas Pembaca Blog

Manfaat Membuat Komunitas Pembaca Blog

Hal yang tidak boleh diabaikan para Blogger adalah membuat Komunitas Pembaca Blog, apa arti penting dan manfaat membuat komunitas pembaca blog Viral Bisnis akan mengupas dalam posting berikut.

Apakah Penting Komunitas Pembaca Blog?

Kalau kita punya sangat banyak blog. Untuk beberapa blog tidak perlu komunitas pembaca karena akan kerepotan bila mengelola seorang diri.

Bila kita bisa dan mampu memanajemen komunitas pembaca blog secara keseluruhan tidak apa apa.

Bila mayoritas anggota komunitas pembaca blog itu mengenal pemilik blognya dan mereka sadar siapa diri saudara hal ini akan meningkatkan reputasi personal branding Anda.

Bila Anda cuma mengandalkan pengunjung yang berlalu lalang di blog lalu pergi setelah terdampar dan akan datang lagi ke situs website blog Anda ketika menemukan postingan lewat google lagi dan lagi itu akan lama mengenal brandingnya, tapi jika saudara sudah membangun komunitas sejak awal dan mengajak diskusi ringan yang santai akan mempermudah dan mempercepat mengenal Anda dan blog Anda.

Manfaat Komunitas Pembaca Blog
  1. Pembaca bisa terlibat langsung dengan pembaca blog kita yang lain setia dan loyal.
  2. Bisa sharing, berdiskusi atas sesuatu yang kita belum tahu sama sekali.
  3. Mencari tahu apa keinginan, minat terhadap postingan-postingan di blog Anda sehingga akan mendatangkan ide-ide segar dan baru untuk mengembangkan blog Anda selangkah lebih maju dan berdaya.
  4. Mengajak mereka untuk merekomendasikan postingan blog yang dianggap menarik dan bagus ke teman-teman yang diluar jangkauan pemilik blog sehingga terjadi cerita-cerita tentang blog Anda.
  5. Mendapatkan teman baru yang sebelumnya dari anggota komunitas yang belum tahu menjadi tahu siapa pemilik blog dan menjadi percaya sama kita dan berimbas kalau kita punya produk mereka memilih kita karena sudah terekat hubungan positif.
  6. Membangun dan memobilisasi masa untuk mendatangkan kembali pemirsa lama situs website blog Anda untuk membaca postingan yang belum pernah dibaca sebelumnya.
  7. Menumbuhkan personal branding dan branding awereness nama pemilik blog dan blognya.
Cara Membangun Komunitas Blog

Cara membangun komunitas pembaca dengan membuat:

1. Membuat Fanspage Facebook Identitas Blog

Anda memiliki blog yang dikelola secara serius dan punya visi jangka panjang terhadap blog?

Bila Anda mengelola fanspage dan blog dengan konsisten maka fanspage yang mengidentitaskan terkait blog Anda dan pengunjung blog yang suka akan me-like fanspage dan akan mengikuti kabar terbaru dari blog Anda.

Saudara harus bisa membuat engagement fanspage saudara aktif dengan banyak like, komentar dan share.

Bila yang like tapi tidak ada interaksi komentator dan share tentu saja ini akan sangat sulit mengembangkan fans page (halaman) komunitas blog Anda.

Bila Anda ingin bergabung dengan komunitas Fanspage Facebook situs website Viral Bisnis join sini.

2. Membuat Grup Facebook Identitas

Dengan semakin banyaknya anggota yang bergabung cobalah mengajak mereka untuk berdiskusi, sharing dengan berkomentar di kotak komentar yang telah tersedia.

Dan yang tak kalah penting menumbuhkan sikap saling kenal satu sama lain sesama anggota, disamping itu tafahum dan tafakul sehingga terbentuk suatu komunitas yang kuat dan solid.

Bayangkan jika anggota banyak tapi tidak saling mengenal persona masing-masing akan bersikap diam saja.

Jadi kalau mayoritas anggota sudah saling kenal mengenal satu sama lain, saling kunjung mengunjungi blog anggota yang punya, mendukung dalam hal yang baik lagi positif akan memberikan sinyal luar biasa.

3. Membuat Twitter Blog

Bayangkan bila membuat akun twitter khusus komunitas blog yang Anda bangun. Mereka yang aktif di twitter dan follow twitter, setiap ada postingan baru mereka tahu via twitter.

Khusus untuk blog berbasis wordpress maupun wordpress mandiri bisa menerbitkan secara otomatis ke akun twitter dengan menyetting terlebih dahulu di setelan wordpress admin Anda.

Kalau untuk blog selain wordpress harus pakai aplikasi pihak ketiga seperti RSS Grafiti, Twitterfeed, feedburner (dulu bisa, sekarang dan kedepan sudah tidak bisa lagi kecuali feedburner).

4. Membuat Instagram Blog

Membuat akun instagram khusus untuk komunitas blog sangat bermanfaat untuk mengenalkan situs blog Anda.

5. Mengumpulkan Email Pembaca Blog

Caranya dengan menyediakan kotak khusus langgan via email (Subscribe) di dalam blog Anda.

Kadang cara ini kurang berhasil untuk menghimpun agar mereka bersedia memasukkan email mereka.

Cara yang paling efektif dengan memberikan hal-hal gratis kepada pembaca blog Anda dengan syarat memasukkan email dulu baru hal berbau gratis diberikan.

Bila tidak memberikan tawaran gratis seperti ini konversinya untuk memberikan email mereka sangat kecil.

Dengan semakin terkumpulnya cukup banyak email-email pembaca blog Anda maka Anda harus melakukan sebuah komunikasi yang baik dan positif secara berkelanjutan dengan pembaca blog Anda via email. Kalau mengirim mereka satu persatu kita tentu akan sangat kewalahan. Maka dari itu gunakan software khusus alat email marketing untuk mengirim secara masal. Contohnya: kirim.email

6. Komunitas WhatsApp Blog

Tentu awal-awal membuat WAG masih sepi dan kemudian ketika share link grup dan disebar ke beberapa grup lain makin bertambah anggotanya.

Seiring bertambahnya anggota kadang ada yang left. Bagi yang left ini adalah suatu masalah besar.

Karena anggota adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan laju lalu lintas situs website blog Anda.

Kelemahan yang ada di WhatsApp grup adalah anggota bisa bebas melakukan promosi yang tidak jelas sehingga kondusifitas menjadi panas dan ngobrolnya yang tiada ujung-ujungnya.

Tapi ada sisi baiknya, saudara pemilik komunitas harus membangun hubungan personal yang baik yang menumbuhkan rasa percaya.

7. Komunitas Telegram Blog

Sama halnya dengan di WhatsApp, cuma berbeda aplikasi saja.

Kelebihan komunitas telegram bisa menampung anggota lebih banyak.

Kelemahan Membangun Komunitas Situs Website Blog
  1. Bagi anggotanya yang masih sedikit dan tidak ada kreativitas dari pemilik akan ditinggalkan atau ditelantarkan.
  2. Kadang anggota left (keluar) dari grup tanpa pamit dan alasan detailnya.
  3. Akun Facebook, Twitter, Instagram (misalnya) kalau lupa akunnya tidak bisa login dan bisa melihat grup akhirnya membuat akun baru.
  4. Anggota yang kurang aktif tidak bisa memberikan kontribusi pengaruh suksesnya komunitas yang Anda bangun.
Sumber: BauBlogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Membuat Komunitas Pembaca Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel